Berapakah Jumlah Keseluruhan Huruf Mandarin (Han Zi) ?

karakter mandarin (Hanzi)Berapakah Jumlah keseluruhan huruf Mandarin atau Han Zi [汉字] yang kita gunakan sekarang? Mungkin banyak yang penasaran dan bertanya-tanya mengenai hal ini. Tetapi kenyataannya, huruf Mandarin yang mempunyai jumlah yang sangat banyak ini ternyata sampai sekarang belum ada yang berani memastikannya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap buku-buku zaman dulu, kita dapat mengetahui perkembangan huruf Mandarin dari waktu ke waktu seperti yang terdapat pada buku zaman Dinasti Qin yaitu “Chang Jie [仓颉]”, “Bo Xue [博学]” dan “Ai Li [爰历]” yang memiliki huruf Mandarin sebanyak 3300 karakter. Pada Zaman Dinasti Han, Karya Yang Xiong [扬雄] yang berjudul “Xun Zuan Pian [训纂篇]” terdapat 5340 karakter dan Karya Xu Shen [许慎]  yang berjudul “Shuo Wen Jie Zi [说文解字]” memiliki 9353 karakter.

Menurut penelitian Feng Yan [封演] di Dinasti Tang yang dimuatnya dalam karya “Wen Jian Ji, Wen Zi Pian [闻见记·文字篇]”, bahwa huruf mandarin berdasarkan Buku “Zi Lin [字林]” memiliki 12824 Karakter dan jika berdasarkan Buku “Zi Tong[字统]” terdapat 13734 Karakter serta Buku “Yu Pian [玉篇]” yang menyatakan terdapat 16917 karakter kemudian ditambah lagi oleh Sun Qiang menjadi 22561 karakter.

Pada Dinasti Song, Karya Sima Guang [司马光] “Lei Pian [类篇]” terdapat 31319 karakter hingga Dinasti Qing huruf Mandarin bertambah menjadi 47000 karakter yaitu total karakter yang dimuat dalam Kamus Kang Xi [康熙字典].

Tahun 1915, Kamus karya Ouyang Bo [欧 阳博] yang berjudul “Zhong Huo Da Zi Dian [中华大字典]” memuat sekitar 48000 karakater. Pada tahun 1959, Kamus Mandarin-Jepang memuat 49964 karakter mandarin. Kemudian Pada tahun 1971, Kamus Karya Zhang Qi Yun [张其昀] yang berjudul”Zhong  Wen Da Ci Dian [中文大辞典] memuat hingga 49888 karakter Mandarin.

Seiring dengan berjalannya waktu, karakter-karakter Mandarin yang terdapat dalam Kamus menjadi makin banyak. Pada tahun 1990, kamus yang berjudul “Han Yu Da Zi Dian [汉语大字典]”  memuat hingga 54678 karakater dan pada tahun 1994 Leng Yu Long [冷玉龙] dalam kamusnya yang berjudul Zhong Hua Zi Hai [中华字海] mengumpulkan sebanyak 85000 karakter.

Bagaimana mungkin kita dapat menghafalkan huruf Mandarin (Hanzi) sebanyak 80 ribu karakter?

Mungkin pertanyaan diatas langsung muncul di pikiran kita. Tetapi jangan kuatir, Untungnya karakter-karakter atau huruf-huruf yang dimuat dalam Kamus “Zhong Hua Zi Hai” kebanyakan adalah karakter atau huruf yang tidak digunakan lagi sehingga kita tidak perlu mempelajarinya semua. Meskipun karakter-karakter tersebut pernah muncul di buku-buku zaman dulu, tetapi sudah tidak akan digunakan lagi pada zaman sekarang.

Menurut penelitian, Total Jumlah Karakter Mandarin yang terdapat dalam 13 Buku-buku seperti Yi Jing [易经], Shang Shu [尚书], Zuo Chuan [左传], Gong Yang Chuan [公羊传], Lun Yu [论语] dan 8 buku terkenal lainnya adalah 589283 karakter, sedangkan yang karakter yang berbeda hanya sekitar 6544 karakter. Artinya, Karakter atau Huruf Mandarin (Han Zi) yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari hanyalah berkisar sekitar 6000-an karakter.

Leave a Reply

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *