Site icon Dinaviriya

Arti Kata GONG XI FA CAI dalam Perayaan Tahun Baru Imlek

arti gong xi fa cai dalam merayakan imlek

Arti Kata “GONG XI FA CAI” dalam Perayaan Tahun Baru Imlek – GONG XI FA CAI merupakan ucapan yang paling sering digunakan oleh warga Tionghoa dalam merayakan hari raya Tahun Baru Imlek, bahkan balita yang baru ingin belajar berbicara saja mengatakan ucapan ini kepada orang yang merayakan Tahun Baru Imlek. Namun tahukan anda, GONG XI FA CAI pada dasarnya kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bukanlah berarti “SELAMAT TAHUN BARU IMLEK”.

Jadi apa arti sebenarnya kata “GONG XI FA CAI” ini?

GONG XI FA CAI kalau diterjemahkan langsung ke bahasa Indonesia memiliki arti Selamat Mendapatkan Harta Kekayaan yang Lebih Banyak atau Selamat Mendapatkan Pertumbuhan Harta Kekayaan.

Meskipun ucapan “GONG XI FA CAI” ini lebih ke keuntungan materi daripada kebersamaan dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Istilah GONG XI FA CAI ini mencerminkan harapan semua warga Tionghoa untuk dapat hidup lebih baik dari tahun ke tahun.

Perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya Tahun Baru Imlek ini juga merupakan perayaan terhadap tibanya musim semi yaitu musim dimana tumbuh-tumbuhan akan mekar kembali sehingga sangat cocok untuk memulai semua aktifitas pertanian. Dengan memulai semua aktifitas pertanian, terbuka peluang besar untuk mendapatkan panen yang berlebih sehingga bisa mendapatkan kekayaan yang berlebih juga.

Bagi yang ingin mengucapkan selamat selain ucapan GONG XI FA CAI, kita dapat mengucapkan Selamat Tahun Baru [新年快乐 atau Xin Nian Kuai Le], Semoga Semua Berjalan dengan Lancar [事事顺利 atau Shi Shi Shun Li],  Semoga semua harapan dapat menjadi kenyataan [心想事成  atau Xin Xiang Shi Cheng] dan masih banyak lagi.

Anda dapat membaca artikel berikut ini untuk kumpulan ucapan selamat Tahun Baru Imlek yang Umum untuk diucapkan.
Baca juga : Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek yang Umum.

Semoga artikel singkat bermanfaat bagi anda.

Di kesempatan ini, saya juga ucapkan “SELAMAT TAHUN BARU IMLEK”, “XIN NIAN KUAI LE”.

Bagi yang ingin menonton dalam versi video dan juga mendengarkan cara pengucapan ucapan-ucapan selamat Tahun Baru Imlek ini, silakan nonton di channel Youtube berikut ini.

Exit mobile version