Site icon Dinaviriya

Asal usul Marga Liu (Marga Lao)

Asal Usul Marga Liu (Marga Lao)

Asal usul Marga Liu (Marga Lao) – Marga Liu [刘氏] atau Marga Lao dalam bahasa Teochew  adalah Marga Terbesar di daratan Tiongkok, sekitar 5,2% atau 70 juta penduduk Tiongkok bermarga Liu. Dalam buku Ratusan Marga Tionghua (Bai Jia Xing [百家姓]), Marga Liu berada di urutan 252. Marga Liu merupakan Marga yang memiliki Kaisar terbanyak di sepanjang sejarah Tiongkok, terutama Dinasti Han yang semua Kaisarnya adalah Marga Liu. Beberapa sebutan Marga Liu dalam dialek lainnya seperti “Lau” dalam dialek Kantonis (Hongkong) dan “Liew” dalam dialek Hakka.

Asal usul Marga Liu [刘] (Marga Lao)

Dilihat dari sejarahnya, Marga Liu atau Lao ini memiliki beberapa asal-usulnya, yaitu berasal dari Marga Qi [祁姓], Marga Du [杜姓] dan Marga Ji [姬姓].

Berasal dari Marga Qi [祁姓]

Berdasarkan catatan sejarah, Kaisar Yao bermarga Yi Qi [伊祁], keturunan Kaisar Yao dianugrahi sebuah wilayah yang menjadi negara adipati yaitu Negara Liu (sekarang di Provinsi Hebei, Kabupaten Tang). Keturunan Kaisar Yao ini kemudian menggunakan nama Negaranya sebagai Marga.

Berasal dari Marga Du [杜姓]

Du Bo [杜伯] merupakan seorang Menteri Besar di Dinasti Zhou yang dibawah pemerintahan Raja Zhou Xuan Wang [周宣王]. Du Bo dibunuh oleh sang Raja karena menasehatinya agar tidak membunuh orang-orang yang tidak bersalah. Setelah kematian Du Bo, Anak cucunya kemudian mengungsi ke negara adipati Jin [晋国]. Di Negara Jin yang dibawah pemerintahan Jin Xiang Gong [晋襄公], cucunya yang bernama Shi Hui [士会] berhasil menduduki jabatan penting di pemerintahan. Setelah Jin Xiang Gong meninggal dunia, Shi Hui diutuskan untuk menjemput Putra Mahkota yang berada di Negara Qin agar dapat naik tahta menggantikan Jin Xiang Gong. Namun karena perubahan perpolitikan di Negara Jin, akhirnya Shi Hui terpaksa untuk tetap tinggal di Negara Qin. Keturunannya Shi Hui kemudian menggunakan “Liu [刘]” yang nadanya sama dengan “Liu [留]” (artinya tinggal) sebagai Marganya.

Berasal dari Marga Ji [姬姓]

Pada masa Dinasti Zhou Timur, Raja Zhou Kuang Wang [周匡王] menganugrahi Putra Sulungnya Wang Ji [王季] sebuah wilayah di Kota Liu (sekarang di Provinsi Henan, Kabupaten Yan Shi) dengan gelar Liu Kang Gong [刘康公]. Keturunannya kemudian mengunakan nama Kota tersebut sebagai Marga.

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Liu (Marga Lao)

Berikut ini adalah Tokoh-tokoh Terkenal yang bermarga Liu. Perlu diketahui bahwa, semua Kaisar di Dinasti Han adalah bermarga Liu. Jadi daftar dibawah ini hanya beberapa Kaisar yang terkenal saja.

Sumber referensi : Dikutip dari berbagai sumber.

Exit mobile version