Idiom Mandarin/成语 : Po Fu Chen Zhou [破釜沉舟]

Idiom Mandarin : Po Fu Chen Zhou [破釜沉舟]

Tulisan dalam Mandarin : 破釜沉舟
Pinyin : pò fǔ chén zhōu
Terjemahan ke Bahasa Indonesia : Menghancurkan Kuali, Menenggelamkan Perahu

Artinya : Bertekad bulat untuk berjuang sampai berhasil

Asal usul Idiom Po Fu Chen Zhou [破釜沉舟]

Pada akhir-akhir Dinasti Qin, Kaisar yang berkuasa di China saat itu adalah Kaisar Qin Er Shi [秦二世]. Jenderal Zhang Han [章邯] yang setia dengan pemerintahan Dinasti Qin memenangkan peperangan dengan  Xiang Liang [项梁] di kota Ding Tao [定陶]. Xiang Liang akhirnya meninggal dunia dalam peperangan tersebut. Melihat kondisi yang menguntungkan pihaknya, Zhang Han kemudian memerintahkan pasukannya untuk mengepung Raja Zhao di kota Ju Lu [钜鹿]. Hanya beberapa saat, seluruh kota sudah dikepung oleh pasukan Zhang Han. Xiang Yu [项羽] yang merupakan keponakan Xiang Liang memberikan Ying Bu [英布] 20 ribu prajurit dan memerintahkannya untuk menyelematkan Raja Zhao, namun tetap tidak berhasil.

Xiang Yu kemudian memimpin sendiri misi penyelematan tersebut ke kota Ju Lu. Setelah Pasukannya menyeberang sungai Zhang He [漳河], Xiang Yu memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan semua kuali yang dipergunakan untuk masak dan menenggelamkan semua Perahu. Rumah-rumah yang ditepi sungai juga dibakar habis. Setiap pasukan hanya mendapatkan makanan selama 3 hari. Tindakan Xiang Yu tersebut menandakan tekadnya untuk memenangkan peperangan tersebut, lebih baik mati di medan perang daripada mundur. Semua prajurit yang berada dalam kondisi hanya dapat maju terus tanpa ada jalan mundur ini berjuang dengan gagah berani di medan peperangan. Akhirnya, pasukan yang dipimpin oleh Xiang Yu ini berhasil mengalahkan pasukan Qin serta menangkap beberapa Jenderal Dinasti Qin. Dengan demikian, Xiang Yu menjadi terkenal dan ditunjuk sebagai pemimpinnya semua negara adipati.

Oleh karena itu, strategi yang digunakan oleh Xiang Yu ini kemudian digunakan sebagai Idiom (Cheng Yu [成语]) yang mengumpamakan “tekad bulat untuk berjuang hingga meraih kemenangan dan pantang mundur”.

Belajar Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah arti dari karakter mandarin dalam idiom/cheng yu “Po Fu Chen Zhou [破釜沉舟]”

破 (pò) = Menghancurkan
釜 (fǔ) = Kuali yang digunakan untuk masak
沉 (chén) = Menenggelamkan
舟 (zhōu) = Perahu

Dalam bahasa Inggris, idiom “Po Fu Chen Zhou [破釜沉舟]” disebut dengan  “break the caldrons and sink the boats”.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Exit mobile version