Site icon Dinaviriya

Tata Bahasa Mandarin dan Ciri Khasnya

tata bahasa mandarin dan ciri khas bahasa Mandarin

Tata Bahasa Mandarin dan Ciri Khasnya – Tata Bahasa adalah Kaidah atau aturan dalam penyusunan kata, gabungan kata dan kalimat. Tata Bahasa dalam bahasa Inggris disebut dengan Grammar sedangkan dalam bahasa Mandarin disebut dengan Yǔ fǎ  [语法]. Tata Bahasa Mandarin terdiri dari Morfem, Kata dan Kalimat. Beberapa Ciri khas bahasa Mandarin diantaranya adalah tidak banyak terdapat perubahan bentuk, kata bantu bilangan yang banyak, Tidak ada perubahan bentuk waktu dan sangat tergantung pada urutan kata dan penggunaan partikel.

Pengertian Morfem, Kata dan Kalimat dalam Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah pengertian dari Morfem, Kata dan Kalimat dalam bahasa mandarin beserta jenis-jenisnya.

MORFEM (Yǔ sù [語素])

Morfem atau dalam bahasa mandarin disebut dengan Yǔ sù [語素] adalah bagian paling kecil dalam tata bahasa yang mempunyai makna dan tidak bisa dibagi lagi ke dalam bentuk yang lebih kecil. Fungsi dari Morfem adalah untuk membentuk Kata.

Terdapat 2 jenis Morfem dalam bahasa Mandarin, diantaranya adalah :

Morfem Bebas

Morfem bebas adalah morfem yang bisa berfungsi sebagai kata. Contoh Morfem bebas diantaranya adalah [人] Rén (orang), [水] Shuǐ (air), [好] Hǎo (baik) dan lain sebagainya.

Morfem Terikat

Morfem terikat adalah morfem yang tidak dapat berfungsi menjadi kata, tetapi setelah digabungkan dengan kata lain maka morfem tersebut akan membentuk sebuah kata baru. Contoh Morfem terikat diantaranya adalah [乒] Pīng (tidak memiliki makna), tetapi begitu digabungkan dengan morfem lain menjadi [乒乓] Pīng pang yang artinya adalah Ping Pong.

 

KATA (cí [词])

Kata adalah bagian yang terkecil dari bahasa yang mempunyai arti dan dapat berdiri sendiri.
Terdapat beberapa jenis KATA dalam bahasa Mandarn :

Kata Konkret dalam Bahasa Mandarin

Partikel (xiǎo pǐn cí [小品詞])

Imbuhan (cí zhuì [詞綴])

 

KALIMAT (Jù zi [句子])

KALIMAT dalam bahasa Mandarin disebut dengan Jù zi [句子] yaitu satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang mengungkapkan suatu konsep pikiran serta perasaan dan dapat berdiri sendiri, mempunyai pola, intonasi final, dan secara actual terdiri atas klausa.

Contoh Kalimat :

 

Ciri Khas Tata Bahasa Mandarin

  1. Perubahan bentuk tidak banyak
  2. Kata Bilangan yang banyak
  3. Pembentukan kalimat tergantung pada urutan kata dan penggunaan partikel
  4. Tidak ada perubahan bentuk terhadap waktu.
Exit mobile version